Pahlawan Nasional: ABDULRAHMAN SALEH

Kategory : Pahlawan
Tingkat : Umum
Durasi Baca : 5 Menit



Pejuang dan Ahli Faal Indonesia


Abdulrahman Saleh dilahirkan di Jakarta pada tanggal 1 Juli 1909. setamat dari NULO (Meer Uit gebreid Lager Onderwijs), ia melanjutkan pendidikannyake AMS Malang. Selanjutnya ia memasuki Sekolah Tinggi Kedokteran (Geneeskundige Hoogi School) Surabaya hingga tamat. Ia sangat berjasa dalam mengembangkan ilmu faal (fisiologi) hingga Universitas Indonesia pada tahun 1958 mendapatkan selaku bapak Ilmu Faal Indonesia. Selain berprofesi sebagai dokter. Abdulrahman Saleh dikenal pula selaku tokoh kedirgantaraan Indonesia. Berkat didikannya telah lahir pemuda-pemuda Indonesia yang kemudian berkiprah dalam dunia kedirgantaraan Indonesia.
Pada masa pendudukan Jepang, Abdulrahman Saleh membuat pemancar radio yang diberinya nama Siaran Radio Indonesia. Ia menyiarkan kondisi serta situasi Indonesia ke luar negeri. Berkat siarannya, masyarakat Internasional mengetahui keadaan di Indonesia.
Setelah Indonesia merdeka, ia diangkat menjadi Komandan Panglima Udara Madiun, Jawa Timur. Di kota madiun itu ia mendirikan Sekolah Teknik Udara dan Sekolah Radio Udara. Selain itu ia juga mengajar di Sekolah Tinggi Kedokteran di Klaten Jawa Tengah.
Secara mendadak Belanda melancarkan Agresi pertamanya tanggal 21 Juni 1947. masyarakat Internasional mengutuk keras serangan tersebut.ereka juga memberikan bantuan non-militer kepada Indonesia. Palang Merah India dan Malaya menyediakan obat-obatan untuk Indonesia. Abdulrahman Saleh, Adisucipto dan Adi sumarmo terbang dengan pesawat terbang jenis Dakota (DC-3) bernomor registrasi VT-CLA untuk membawa obat-obatan bantuan tersebut.
Ketika pesawat pembawa obat-obatan itu hendak mendarat di lapangan terbang Manguwo, Yogyakarta, pesawat pemburu Belanda berhasil menembak pesawat Dakota itu hingga jatuh dan terbakar di daerah Ngoto, selatan Yogyakarta. Kejadian mengenaskan itu terjadi pada tanggal 29 Juli 1947.
Abdulrahman Saleh gugur dalam peristiwa tersebut. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Pekucen, Yogyakarta. Pemerintah Indonesia mengangkat Komandan Udara TNI Prof. Dr. Abdulrahman Saleh sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1974. namanya juga diabadikan untuk lapangan terbang di kota Malang.
 
 
 
 

0 Response to "Pahlawan Nasional: ABDULRAHMAN SALEH"

Post a comment

Terima Kasih atas Kunjungan Anda. Mohon tinggalkan Kritik dan Saran Anda