Pahlawan nasional: ABDUL WAHID HASYIM

Kategory : Pahlawan
Tingkat : Umum
Durasi Baca : 5 Menit


Negarawan dan Tokoh Islam

ABDUL WAHID HASYIM

Abdul Wahid Hasyim dilahirkan di Jombang, Jawa Timur, 1 Juni 1914. ia putra K.H Hasyim Asy’ari, ulama besar pendiri Nahdatul Ulama. Selain belajar di pesantren Tebu Ireng milik ayahnya, ia juga menimba Ilu Agama di berbagai pesantren lainnya. Ia juga mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan lain secara otodidak hingga wawasan ilmu pengetahuannya dikenal sangat luas.
Pada tahun 1935 Wahid Hasyim mendirikan Madrasah Nidzamiyah. Ia juga mendirikan Ikatan Pelajar-pelajar Islam (IPPI0 pada tahun 1936. ketokohan serta keluasan Ilmunya menjadikannya sebagai sosok panutan, tidak hanya dalam bidang keagamaan saja, melainkan juga dipentas politik pergerakan nasional. Bersama K.H Mansyur dan K.H Taufiqurrahman, ia mendirikan Masyumi (Majelis Syura Muslimin Indonesia) ketika masa pendudukan jepang.
Ia juga merupakan salah seorang anggota Panitia Sembilan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesian (BPUPKI) yang berhasil merumuskan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang menggambarkan asas dan tujuan pembentukan Negara Indonesia merdeka.
Setelah Indonesia merdeka, K.H Wahid Hasyim ditunjuk menjadi Menteri Negara dalam Kabinet Presidentil dan juga ditunjuk sebagai Menteri Agama dalam tiga periode pemerintahan, yakni dalam Kabinet Republik Indonesia Serikat, Kabinet Natsir, dan Kabinet Sukiman-Suwiryo. Ia juga terpilih menjadi Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama. Nahdatul Ulama dalam pimpinan K.H Wahid Hasyim kemudian menyatakan keluar dari Masyumi pada tahun 1951 dan mendirikan partai politik Nahdatul Ulama. K.H Wahid Hasyim terpilih menjadi Ketua Umum partai Nahdatul Ulama.
Berselang 2 tahun kemudian, 19 April 1953, ulama kharismatik itu wafat dalam kecelakaan mobil di daerah Cimahi, Jenazah K.H. Wahid Hasyim dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Pemerintah Indonesia mengangkatnya sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional pada tahun 1964.






Sumber : Pahlawan Nusantara

0 Response to "Pahlawan nasional: ABDUL WAHID HASYIM"

Post a comment

Terima Kasih atas Kunjungan Anda. Mohon tinggalkan Kritik dan Saran Anda