Pahlawan Nasional: Abdul Halim Perdana Kusuma

Kategory : Pahlawan
Tingkat : Umum
Durasi Baca : 5 Menit


Tokoh Penerbangan Indonesia

Abdul Halim Perdana Kusuma

Abdul Halim Perdana Kusuma lahir di Sampang, Madura, pada tanggal 18 November 1922. Setelah menyelesaikan pendidikan HIS dan MULO, ia meneruskan pendidikannya kesekolah pamong praja di magelang, namun tidak tamat. Seruan milisi yang diumumkan belanda membuatnya memasuki Sekolah Angkatan Laut di Surabaya. Halim sempat bekerja di Dinas Penerangan Angkatan Laut Belanda.
            Ketika Jepang menduduki Indonesia, Halim berada di Inggris untuk mengikuti pendidikan selaku navigator pada Royal Canadian Air Force. Ia juga turut mengambil peran dalam operasi-operasi udara ketika berlangsungnya perang dunia II. Tak berapa lama setelah Indonesia merdeka, halim kembali ketanah air. Ia kemudian bergabung dengan TKR Jawatan Penerbangan, cikal bakal Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).
            Bersama dengan Iswahyudi, Halim perdana Kusuma ditunjuk menjadi wakil AURI pada komandemen Tentara Sumatra untuk membangun Angkatan Udara di Sumatera pada tahun 1947. selain itu, mereka juga mendapat perintah untuk memperoleh senjata dari luar negeri.
            Sepulang menjalankan tugas Negara dari Thailand, pesawat yang dikemudikannya bersama Iswahyudi mengalami kecelakaan di Tanjung Hantu, Malaysia, tanggal 14 desember 1947. abdul Halim Perdana Kusuma gugur dan dimakamkan di Lumut, Malaysia. Pada tahun 1957 jenazahnya dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Pemerintah Indonesia menganugerahinya gelar Pahlawan Nasional. Namanya juga diabadikan untuk nama lapangan Bandar Udara di Jakarta.
 
 
 
 

0 Response to "Pahlawan Nasional: Abdul Halim Perdana Kusuma"

Post a comment

Terima Kasih atas Kunjungan Anda. Mohon tinggalkan Kritik dan Saran Anda