Kisah Inspiratif: Tumpahan Sebotol Susu

Kategori : Kisah Inspiratif 
Tingkat : Umum

Seorang ilmuwan ternama baru saja menghasilkan beberapa terobosan penting di bidang kedokteran. Dalam wawancara dengan media, ia ditanya tentang bagaimana ia bisa begitu kreatif dibandingkan orang-orang lain pada umumnya. Apa yang menjadikannya sedemikian berbeda daripada orang lain?

Ia menjawab, menurutnya, semua berawal dari pengalamannya bersama ibunya, yang terjadi ketika ia masih balita. Ketika itu ia sedang mencoba mengambil botol susu dari dalam lemari pendingin, dan karena botol itu licin, ia menjatuhkannya, menumpahkan isinya ke mana-mana di lantai dapur.


Ketika ibunya datang ke dapur, bukannya memarahinya ataupun menghukumnya, ibunya malah berkata, "Henry, hebat sekali, jarang-jarang ibu melihat genangan susu sebanyak ini. Yah, sekarang sudah telanjur berantakan, kamu mau main-main sebentar dengan susu itu sebelum kita bersihkan?"

Tentu saja Henry kecil senang. Setelah beberapa saat, ibunya berkata, "Henry, kalau kamu mengacaukan sesuatu, seperti sekarang ini, kamu harus bereskan kembali semuanya seperti semula. Jadi, bagaimana kamu mau membereskannya? Kita bisa menggunakan spons, handuk, atau kain pel. Yang mana yang kamu suka? Henry memilih spons, dan mereka bersama-sama membersihkan susu yang tumpah itu.

Kemudian ibunya berkata, "sepertinya tadi kamu tidak berhasil memegang botol susu yang besar dengan tangan mungilmu. Mari kita ke halaman belakang dan mengisi botol tadi dengan air. Kita coba bagaimana kamu bisa menemukan cara untuk mengambilnya tanpa menjatuhkannya." Bocah kecil itu belajar jika ia memegang di bagian leher botol dengan kedua tangannya, ia bisa mengangkat botol itu tanpa menjatuhkannya. Benar-benar sebuah pelajaran yang bagus!

Sang ilmuwan ternama ini kemudian menekankan bahwa saat itulah ia tahu kalau ia tidak perlu takut untuk membuat kesalahan. Lebih daripada itu, ia belajar bahwa kesalahan hanyalah kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru. Sama halnya dengan percobaan-percobaan ilmiah. Bahkan jika percobaan itu tidak berhasil, biasanya kita belajar sesuatu yang berharga dari ketidakberhasilan itu.

Alangkah baiknya jika semua orangtua mencontoh apa yang dilakukan oleh ibunya Henry Nestle.


Sumber : -

0 Response to "Kisah Inspiratif: Tumpahan Sebotol Susu"

Post a comment

Terima Kasih atas Kunjungan Anda. Mohon tinggalkan Kritik dan Saran Anda